breaking news New

Inilah 3 Kuliner Khas Klaten Yang Ga Boleh Kamu Lewatin

Siapa yang bulan ini pulang kampung ke Klaten? Kalau kamu akan berkunjung ke Klaten kamu perlu mencicipi berbagai macam kuliner khas Klaten yang lezat dan tidak ada duanya. Kuliner di Klaten sangatlah murah tapi tidak murahan.

Meski harganya terjangkau, makanan makanan di Klaten tidak pernah mengecewakan. Kuliner di sana selalu diburu oleh banyak warga lokal dan wisatawan. Memiliki cita rasa yang cenderung manis dan gurih, makanan khas Klaten juga memiliki tekstur yang lembut.

Nah, ketahui yuk 3 kuliner khas Klaten yang ga boleh kamu lewatin.

1. Nasi Terancam

Makanan yang unik bukan? Nasi Terancam adalah makanan yang sering disebut dengan Saladnya Indonesia, setelah gado-gado. Makanan ini memang mirip dengan gado gado, hanya saja sayuran yang digunakan ialah petai cina, mentimun, kacang panjang, kemangi, dan kol yang kemudian diberikan parutan kelapa pedas. Berbeda dengan gado gado yang menggunakan bumbu kacang sebagai bahan pelengkap.

Makanan ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat, serta beraneka ragam lauk mulai dari jeroan hingga ayam goreng. Nasi Terancam ga akan bikin perut kamu terancam, karena cita rasa yang lezat dan porsi yang cukup membuat rasa lapar hilang dan perut terasa bahagia.

2. Wajik

Beralih ke jajanan, Wajik adalah salah satu camilan khas Klaten yang juga ga boleh kamu tinggalin. Makanan ini sangat khas dan populer bagi wisatawan karena selalu ramai dibeli oleh banyak orang.

Camilan ini terbuat dari ketan sebagai bahan dasarnya yang kemudian diolah dengan gula tebu atau gula jawa, lalu dibentuk menjadi kerucut. Kamu dapat memasaknya dengan cara direbus juga diberikan santan dan gula. Jajanan ini ditawarkan dengan harga yang sangatlah murah, yakni sekitar Rp 2.000 saja.

3. Geplak

Jajanan ini seringkali dijadikan sebagai oleh oleh untuk orang tersayang di rumah, karena Geplak digemari banyak orang dari semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Camilan ini dibuat dengan parutan kelapa, serta dimasak dengan tambahan gula.

Jika sudah matang, adonan itu dapat dibentuk menjadi bulat bulat, lalu diberikan perwarna makanan, mulai dari warna hijau, pink atau merah muda, putih, kuning, hingga cokelat. Hal itulah yang membuat Geplak menjadi makanan yang sangat cantik dan menggugah selera. Geplak juga sangat praktis sehingga bisa kamu nikmati kapan saja.


Nah, kamu dapat membelinya langsung ketika berkunjung ke Klaten, atau kamu juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah karena bahan bahan yang digunakan sangat mudah dicari. Selamat mencoba!